9 Jun 2009

Teras Narang Resmikan Aquarius Boutique Hotel


Yang Pertama Bintang Empat dan Bertarap Internasional di Kalteng

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-
Gubernur Kalteng, Agustin Teras Narang meresmikan Aquarius Boutique Hotel di Palangka Raya, Senin (8/6) kemarin. Hotel yang memiliki kapasitas 110 kamar merupakan hotel bintang empat bertarap internasional, dan untuk pertamakalinya berdiri di bumi tambun bungai.
Peresmian hotel itu dihadiri juga Wakil Walikota Palangka Raya, Maryono, dan ratusan undangan, dan tamu hotel. Dalam sambutan peresmian hotel itu, Gubernur Kalteng sempat meragukan, apakah hotel tersebut jadi diangun atau tidak.
Pasalnya, ungkap Gubernur, pemilik hotel sempat mengeluhkan kenaikan harga material bangunan, sehingga biayanya meningkat tajam akibat krisis keuangan. Dari anggran yang ada sekitar Rp 40 miliar membengkak menjadi ratusan miliar.
”Laporan pemilik hotel kepada saya, ketika memulai pembangunan, melaporkan semua harga material naik. Saya bilang dalam hati, ah ini hotel ngga jadi dibangun, namun ternyata masih jalan juga, dan hari inipun sudah kita resmikan,” ujarnya kepada para tamu yang hadir para acara persemian tersebut, Senin (8/7) kemarin.
Dikemukakannya, ada banyak hal keutungan bagi Provinsi Kalteng dengan dibangunnya hotel tersebut. Mulai dari penyerapan tenaga kerja lokal, pajak hotel, hingga pajak hiburan yang tentunya masuk ke kas derah, dalam hal ini kas daerah Kota Palangka Raya.
”Tetapi syaratnya ada satu, nerima pajak tentu kota palangka raya harus cantik lagi. Jangan terima pajak, kotanya makin memble, justru harus makin cantik lagi dari sekarang ini,” ucap A Teras Narang, lantas ia langsung minta Walikota memperhatikan kecantikan Kota Palangka Raya untuk ditingkatkan lagi dari sekarang.
Gubernur berpesan, saat ini pertumbuhan hotel di Kalteng, khususnya Kota Palangka Raya mulai menggeliat, dan sebentar lagi juga akan berdiri hotel bintang tiga. Namun demikian harus pemerintah kota harus hati-hati, jangan sapai kebanyak pemberian ijin pembangunan hotel. Sebab akibatnya nanti para pengelola hotel berperang harga dan kemudian tidak memperhatikan kualitasnya.
”Jadi tolong bukannya membatasi tetapi kita kasih kesempatan dulu yang ada mengembangkan usahanya agar bisa berkembang dengan biak dan bisa membayar karyawannya. Sekalilagi saya katakan bukan berarti membatasi pembangunan hotel, namun maksdunya untuk menjaga kualitas hotel tetap baik dan tantangan buat hotel-hotel yang belum berbintang untuk tingkatkan pelayanan,” pesan Gubernur.
Sementara itu, General Manager (GM) Aquarius Boutique Hotel, Diyanto dalam keterangan persnya, kepada sejumlah wartwan. Mengatakan, kehadiran Aquarius Boutique Hotel ini akan memberikan solusi kepada masyarakat Palangka Raya, khususnya Kalteng yang selama kesulitan terkait dengan akomudasi pasilitas hotel berbintang yang berstandar internasional dan tempat hiburan, Aquarius Boutique Hotel dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
”Sekarang kalau mau mendapatkan akomodasi hotel berbintang yang berstandar internasional dan tempat hiburan tidak perlu lagi keluar daerah, misalnya selama ini harus ke provinsi tetangga, Kalimantan Selatan sudah tidak perlu lagi. Semuanya sudah terpenuhi di Aquarius Boutique Hotel,” katanya.
Mudah-mudahan dengan hadirnya Aquarius Boutique Hotel ini, katanya uang tetap beredar di Kalteng. ”Kasarnya uang tidak lari ketempat lain. Sehingga perekonomian Kalteng dapat berkembang dengan cepat. Dengan berkembangnya perekonomian di Kalteng, maka sudah pasti tingkat kehidupan lainnya juga ikut berkembang,” pungkasnya.
Lebih lanjut, ia mengutarakan, kehadiran Aquarius Boutique Hotel memeng tepat, tak hanya bagi masyarakat kota Palangka Raya, namun juga para investor dari luar yang berkunjung ke kota Palangka Raya yang mencari tempat hunian bertarap internasional, ful hiburan dan layanan yang ramah dan cepat.
Terkait dengan fasilitas hotel, Aquarius Boutique Hotel, memiliki fasilitas kamar sebanyak 110 kamar, yang dijamin akan memberikan kenyaman dan kepuasan bagi tamu hotel. ”Fasilitas kamar yang kami tawarkan, terdiri dari 39 superior rooms, 50 deluxe rooms, 18 eksexutiv rooms, 2 suite rooms dan 1 president suite rooms,” ungkapnya, seraya berpromosi.
Fasilitas lain, katanya, Aquarius Boutique Hotel juga menawarkan Lios Café, Vino Café, , Club-Live musik dan disco, blue musik hall, luna karoke yang menyediakan 21 vip roms serta meeting rooms dan ballrooms dengan kapasitas 1.000 orang. ”Fasilitas yang tersedia merupakan solusi tepat dan representatif bagi masyarkat kota Palangka Raya untuk acara pesta dan kegiatan lainnya,” pungkas Diyanto. (*)

1 komentar:

Betang mengatakan...

Bahalap laporannya, Ma. :)