30 Jun 2009

Si-Jago Merah Ngamuk Ditengah Kota P. Raya



Menghanguskan Tiga Bangunan Asrama Diklat

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA
-Langit dijantung Kota Palangka Raya, Selasa (30/6) sore kemirin mendadak gelap. Kepulan asap tebal, pekat kehitama-hitaman menjulang kelangit setinggi puluhan meter, membuat warga disekitarnya geger. Belakangan diketahui, kepulan asap datang dari asrama kampus II Badan Diklat Kota Palangka Raya, Jalan Yosudarso, yang hangus dilalap si jago merah.
Kebakaran yang terjadi dipusat kota, tau sekitar 100 meter dari Bundaran Besar tersebut, membuat perhatian banyak warga kota Palangka Raya, baik yang sedang melintas mapun yang sengaja datang dari jauh untuk melihat kejadian tersebut.
Akibat kebakaran tersebut, sebanyak 17 kamar asrama kampus hangus. Penyebab kebakaran hingga kini masih belum jelas. Diduga korsleting arus listrik menjadi penyebab terbakarnya belasan kamar asrama badan diklat tersebut.
Untuk memadamkan api, sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Palangka Raya dan Pemadam Kebakaran swakarsa, dikerahkan untuk memadamkan api. Dalam waktu kurang setengah jam kemudian. Musibah kebakaran ini hanya menghanguskan sebagian asrama karena api tidak sempat merembet ke bangunan samping. Sementara 17 kamar yang terbakar hanya berisi kasur dan lemari.
Menurut saksi yang melihat pertamakali kejadian, Melly (30) seorang penjaga asrama, api berasal dari kamar nomor 17, yang saat itu tidak ada penghuninya. Namun dikamar nomor 12 ada seorang dari daerah menginap.
Setelah ia melihat kepulan asap dan semburan api dari kamar nomor 17, ia langsung berinisiatif mematikan aliran listrik. Aliran listrik yang mati tersebut, membuat penghuni kamar nomor 12 keluar dan bertanya. “Bu listrik matikah,” kata seorang penghuni kamar nomor 12 yang belum diketahui namanya. “Ia saya matikan. Itu dikamar nomor 17 terbakar,” jawab Melly.
Hingga saat ini, belum diketahui sebab pastinya kebakaran, dari Polres Palangka Raya masih melakukan penyelidikan. Guna melakukan penyelidikan lebih lanjut lokasi kejadian dipasang police line. (*)

Tidak ada komentar: