19 Mar 2009

Pelanggaran Lantas Awali Kampanye Damai

Laporan: Seventin G

PALANGKA RAYA – Pelanggaran lalu lintas (lantas) dan pelanggaran ketentuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya justru mengawali Pencanangan Kampanye Damai.
Banyak peserta kampanye damai yang ikut pawai, terutama yang mengenakan sepeda motor tidak menggunakan helm. Kepala mereka malah diberi atribut partai, seperti kaos berlambang partai atau bendera partai. Pelanggaran ini hampir merata dilakukan peserta pawai tanpa memandang parpol lama atau parpol baru.
Pelanggaran awal kampanye ini juga dilakukan peserta terhadap ketentuan KPU, yang hanya mengizinkan tiap parpol menyertakan 5 buah mobil dan 30 buah kendaraan. Ternyata PDIP dan PKNU merupakan parpol terbanyak yang menyertakan kendaraan roda 4 dalam arak-arakannya. Masing-masing menyertakan 12 buah mobil saat pawai.
Ketua KPU Kota Palangka Raya Drs Sodikul Mubin mengaku sudah mencatat setiap parpol yang melakukan pelanggaran lantas dan aturan KPU.
“Kami akan mengevalusi mana parpol yang tidak mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan dan akan memberikan surat teguran,” tegas Sodikul kepada sejumlah wartawan, Senin (16/3).
Ia mengaku pihaknya sudah mencatat jenis pelanggaran dan parpol yang melanggar, kendati pelanggaran itu menurutnya kecil-kecilan. Hanya saja untuk jenis kendaraan bermotor, ujar Sodikul, pihaknya sulit menghitung berapa kelebihan kendaraan bermotor dari yang sudah ditetapkan sebanyak 30 buah.
Sodikul juga menyebut evaluasi ini diharapkan menjadi pembelajaran bagi masing-masing parpol untuk memperhatikan ketentuan yang berlaku selama masa kampanye berlangsung.
“Apa yang telah ditetapkan oleh KPU itulah yang harus dilakukan, tidak boleh ditawar-tawar dan lain sebagainya,” imbuh Sodikul seraya menyebut harapannya tiap parpol bisa melaksanakan kampanye dengan tertib selama masa-masa kampanye yang berakhir pada 6 April 2009.
Pencanangan Kampanye Damai Pemilu Legilatif Tahun 2009 yang berlokasi di Bundaran Besar dimulai sekitar pukul 09.30 WIB, dan dihadiri sejumlah ketua parpol Kota Palangka Raya, Ketua DPRD Kota Palangka Raya Aries M Narang, Ketua DPRD Provinsi Kalteng R Atu Narang, Kapolres Palangka Raya AKBP Drs H Ahmad Alwi. MM. Ditandai dengan pengibaran bendera tanda start oleh Walikota HM Riban Satia sekaligus melepas seluruh peserta, setelah sebelumnya mengikatkan parpol agar terus menjaga ketertiban selama melaksanakan kampanye.
Begitu bendera naik, puluhan kendaraan bermotor dan mobil pun melaju keliling kota yang diikuti 38 parpol dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI utusan Kalimantan Tengah (Kalteng). Posisi peserta pawai berurutan sesuai nomor urut terkecil.
Sementara itu, untuk menarik perhatian masyarakat selama pawai berbagai cara dilakukan parpol. Ada parpol yang memilih berpawai dengan becak, ada pula yang menghadirkan grup kesenian reog sambil menyuguhkan atraksi di mobil bak terbuka (pick-up). Bahkan partai Golkar mencuri perhatian dengan menghentikan arak-arakan nya dan berhenti di depan panggung utama untuk menjemput Ketua Golkar Kota Palangka Raya Yurikus Dimang. (***)

Tidak ada komentar: