13 Mar 2009

KPU Kalteng Optimis Sebelum 9 April



Pendistrubusian Logistik Pemilu

Oleh: Alfrid Uga

PALANGKA RAYA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah (kalteng) pesimis pendistribusian logistik ke 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng, baik yang dilaksanakan oleh KPU Pusat mapun oleh KPU daerah selesai 19 Maret mendatang.
”Dipastikan sekitar tangal 19 Maret seluruh logistik berupa kelengkapan KPPS, seperti bilik suara, kotak suara, dan gembok semua sudah didistribusikan ke masing-masing Kabupaten/Kota,” ujar Sekretaris KPU Kalteng, Dendul Toepak, di Palangka Raya, Kamis (12/3) kemarin.
Sementara itu, logistik Pemilu yang diadakan oleh KPU Pusat yang sudah sampai di KPU Kabupaten/Kota hingga sampai 10 Maret lalu, yakni segel pemilu, tintah, surat suara baik DPR-RI,DPD-RI, DPRD provinsi mapun DPRD Kabupaten/kota semuanya sudah sampai di Kabupaten/Kota.
”Logistik Pemilu yang pengadaan oleh KPU Pusat, seperti segel Pemilu, tintah, surat suara, hampir keseluruhannya sudah sampai di Kabupaten/kota dan sekarang sedang diteliti apakah ada yang rusak atau kurang,” katanya.
Dendul mengharapkan, dari hasil pemeriksaan terhadap suarat suara oleh KPU Kabupaten/Kota, diharapakan KPU Kabupaten/Kota segera melaporkan apakah ada yang rusak, berapa jumlah yang rusak dan apakah kurang dan berapa kekuarangannya itu semua harus segera dilaporkan.
”Bila ada kekuarangan, atau ada yang rusak segera dilaporkan kepada kami, selanjutnya kami yang akan melaporkan kepada KPU Pusat. Maka KPU pusat dengan segera mendistribusi pengganti atau penambah kekaurangan tersebut. Tetapi jangan kawatir waktunya masih banyak,” ucap Mantan Karo Humas Setda Provinsi Kalteng tersebut.
Menyinggung soal kedatangan logistik Pemilu yang baru. Dijelaskannya, logistik Pemilu yang baru datang berupa Formulir C yang diadakan oleh KPU Pusat, yakni berupa Formulir C-1 surat suara DPRD Provinsi Kalteng sebanyak 21 bok, formulir C-2 ukuran kertas plano DPRD Provinsi Kalteng sebanyak 23 bok dan model C-4 ukuran DPRD Kalteng 71 bok.
” Logistik yang baru datang tadi, nanti sore setelah kita cek segera akan didistribusikan ke kabupaten/kota dan mudah-mudahan kalau tidak ada masalah lain pendistribusian logistik ini dalam dua samnpai tiga hari kedepan sudah sampai di Kabupaten/Kota masing-masing,” jelasnya.
Dia menambahkan, pendistribusian logistik baik yang pengadaannya oleh KPU Pusat mapun oleh KPU daerah tidak mengalamai masalah alias lancar. ”Semua lancar dan sebagiannya sudah sampai di KPU kabupaten/kota. Yang dari provinsi, seperti kunci dan anak kunci, dan kantong plastik untuk kelengkapan KPPS sudah sampai semua” pungkas Dendul. (***)

Tidak ada komentar: