10 Jul 2009

SBY Pencundangi Mega di Kandang Banteng

Perolehan Suara Sementara Pilpres di Kalteng

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-
Enam jam usai pencontrengan, pasangan Capres-Cawapres SBY-Boediono di Kalteng unggul atas pasangan Megawati-Prabowo dan JK-Wiranto. Data hasil perhitungan sementara Quick Count Pusat Tabulasi Data KPU Provinsi Kalteng, Rabu (8/7) pukul 18. 45 WIB. Pasangan SBY-Boediono memperoleh 50.227 suara sah yang masuk sekitar 5 persen dari jumlah DPT Provinsi Kalteng sebanyak 1.507.969 pemilih.
Perolehan suara SBY-Boediono sebanyak 64,77 persen melampaui suara Megawati-Prabowo yang digandang-gandangkan mapu meraih suara mayoritas di Kalteng, mengingat Kalteng merupakan basis massa PDI Perjuangan, ternyata pasangan yang diusung partai berlambang banteng gemuk moncong putih, berkoalisi dengan Partai Gerindra hanya memperoleh 18.634 suara atau sekitar 24,03 persen.
Dukungan publik Kalteng atas pasangan yang diusung PDI Perjuangan ini, tak sekuat pada pemilu legislatif 9 April lalu. PDI Perjuangan dengan perolehan kursi di DPRD Provinsi Kalteng sebanyak 12 kursi, unggul atas Partai Demokrat, dan Partai Golkar.
Sementara itu pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3 JK-WIN yang diusung Partai Golkar dan Partai Hanura hanya mampu meraih 8.689 suara atau sekitar 11, 20 persen dari suara sah yang masuk di pusat tabulasi data KPU Provinsi Kalteng.
Pasangan nusantara, yang disebut-sebut merupakan pasangan paling ideal karena mewakili suara jawa dan diluar jawa, ternyata hanya mampu menempati posisi ketiga pada pilpres kali ini. Pada Pemilu legislatif lalu, Partai Golkar juga menempati posisi ketiga, dibawah PDI Perjuangan dan Partai Demokrat.
Menurut Ketua KPU Faridawaty D Adjeh, ketika ditemui di ruang Pusat Data Tabulasi KPU Provinsi Kalteng. Suara sah yang masuk hanya sekitar 5 persen dari jum;lah DPT Provinsi Kalteng, sebanyak 1.507.969 pemilih.
Lima persen suara sah yang masuk, berdasarkan data terakhir pada pukul 18.45 WIB berasala dari Kabupaten Kapuas sebanyak 23. 929 suara, Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak 32.708 suara dan Kota Palangka Raya sebanyak 120 suara.
”Untuk sementara sebagaimana kita lihat, pasangan SBY-Boediono unggul atas pasangan Megawati-Prabowo dan JK-WIN. Hasil ini bukan merupakan hasil final, namun hanya hasil sementara yang diperoleh dari SMS sejumlah petugas PPS,” pungkasnya Faridawaty. (*)

Tidak ada komentar: