20 Jul 2009

Janda TNI Terima BLT


Dalam Rangka Hut Kodam VI Tanjungpura Ke-59

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-
Ada yang berbeda peringatan hari ulang tahun (HUT) Kodam VI Tanjungpura ke-59 tahun ini di lingkungan Korem 102 Panju-Panjung. Selain menggelar istighosah bersama yang dilaksanakan dihalam belakang Makorem 102/Pjg, Jumat (17/7) lalu, juga dirangkaikan dengan kegiatan sosial.
Menurut Komandan Korem 102 Panjung-Panjung, Kolonel Arm Rudiono Edi kegiatan sosial rutin dilaksanakan. Namun demikian, katanya untuk tahun 2009 ini kegiatan sosial berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana kegiatan sosial selalu dirangkaikan anjangsana ke panti jompo dan panti asuhan.
”Kalau tahun-tahun sebelumnya anjangsana ke panti jompo dan panti asuhan. Untuk tahun ini berbeda, Komando (Panglima TNI, red) minta lebih memfokuskan kedalam dengan fokus perhatian para wakauri atau janda-janda dari anggota TNI,” ujarnya di Palangka Raya, Sabtu (18/7) kemarin sore.
Dalam kesempatan tersebut, Danrem 102/Pjg secara langsung datang ketempat kediaman salah seorang penerima bantuan langsung trunai (BLT) yang tinggal di Jalan Menteng XIII, Palangka Raya untuk memberikan bantuan. Dikesempatan yang sama Ketua Persit KCK Koorcab Rem 102 PD VI/Tpr Titi Rudiono juga menyerahkan BLT.
Turut mendamping, Danden Bekang Letkol Cba Sudarno beserta Istri, Kepala Ajenrem 102/Pjg Mayor Caj Priyono dan Kapenrem 102/Pjg Kapten Inf S. Sitompul. Pemberian batuan yang sama, diberikan kepada tujuh janda TNI. Pemberian bantuan diprioritaskan kepada para janda TNI yang kebetulan membutuhkan biaya masuk sekolah bagi anak-anaknya.
Danrem mengemukakan, batuan yang diberikan bertujuan untuk membantu beban para janda-janda TNI, terutama untuk meringankan biaya masuk sekolah putra-putri yang kebetulan masuk sekolah ditahun ajaran baru ini. Selain itu juga bantuan yang diberikan untuk membatu kebutuhan pokok sehari-harinya.
”Bantuan yang kita berikan sebagai bentuk perhatian dari TNI kepada para istri mantan anggota TNI yang meninggal. Selain sebagai bentuk perhatian, yang diutamakan juga menjalin silahturahim. Dengan demikian hubungan TNI dengan para janda-janda istri TNI tetap berjalan dengan baik,” ungkapnya.
Lebih lanjut Danrem 102/Pjg mengungkapkan isensi dari pemberian bantuan adalah untuk meringankan beban, sekaligus juga bentuk terimakasih TNI kepada para prajurit TNI selama dalam pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara semasa masih hidup dan aktif sebagai angota penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Atas pengabdian kepada bangsa dan NKRI tersebu, sebagai pimpinan TNI di wilayah Kalteng, ia merasa menaruh perhatian yang sedalam-dalamnya kepada putra-putri dan janda TNI, dengan harapan agara anak-anak TNI tersebut tidak berhenti sekolah hanya lantaran ketiadaan biaya masuk sekolah.
”Anak-anak TNI jangan sampai terbebankan, karena orang tuanya meninggal, mereka lalu tidak bisa sekolah, hanya karena tidak ada biaya. Mereka tetap harus bisa sekolah. Itulah makna bantuan uang tunai yang diberikan. Dalam rangka peringatan HUT Kodam IV Tanjungpura kali ini,” pungkasnya. (*)

Tidak ada komentar: