24 Jul 2009

Defile Kendaraan Babinsa Mogok


Wagub Janji Bantu Pengadaan Kendaraan 2010

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-
Upacara pada peringatan HUT Kodam VI Tanjungpura ke-59 di Makorem 102 Panju-Panjung, Kamis (23/7) kemarin, di laksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan upacara berlangsung hikmat dan penuh semangat tersebut juga di meriahkan oleh parade defile pasukan dan kendaraan.
Parade pasukan melibatkan ratusan prajurit TNI dari berbagai kesatuan, Polri dari kesatuan Brimob Polda Kalteng, beserta satuan PNS TNI, PPM, dan Pramuka. Selain itu juga dimeriahkan dengan Marchingband dari SMP-1 Palangaka Raya, Reok Ponorogo dari Sanggar Budaya Antang dibawah binaan Komanadan Batalyon Infanteri 631 Antang Letkol Inf Bangun Mawoko.
Namun sayangnya, parade defile kendaran yang diharapkan dapat berjalan dengan lancar tiba-tiba mogok, justru terjadi saat penghormatan kepada Komandan Upacara yang juga Komandan Korem 102 Panju-Panjung Kolonel Inf Arm Rudiono Edi yang saat itu berdiri di podium didampingi Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran, Kajati Kalteng, Polda Kalteng dan unsur muspida lainnya.
Akibat kejadian tersebut, sontak mengundang gelak tawa para tamu dan undangan yang hadir, tak terkecuali Kolonel Inf Arm Rudiono Edi. Demikian juga Wakil Gubernur dan unsur muspida lainnya yang saat itu diberi kehormatan berdiri di podium mendamping Komandan Upacara.
”Maaf Pak Wagub, beginilah kondisi kendaraan operasional TNI, khususnya yang digunakan para personil Babinsa yang bertugas di wilayah Kota Palangka Raya, terutama di daerah Kecamatan Rakumpit dan Bukit Batu. Mohon kiranya bantuan kendaraan operasional baru dari pemerintah daerah,” ucap pemandu acara secara spontan, disambut gelak tawa tamu dan para undangan.
Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur Kalteng Acmad Diran, ketika disambangi seusai upacara, mengucapkan keprihatinan dan berjanji akan membantu TNI dan akan menganggarkan biaya untuk pengadaan kendaraan operasional pada tahun 2010 mendatang.
Menyinggung bentuk dukungan ril pemda terhadap TNI selama ini. Menurut Achmad Diran, pemda provinsi sangat peduli dengan TNI, berbagai bentuk dukungan ril telah diberikan kepada TNI, terutama pengadaan mobil patroli, motor patwal dan ditahun 2009 juga telah dianggarkan pengadaan kendaraan pengawalan untuk tamu VIV.
” Sedangkan untuk operasional sehari-hari TNI, seperti kendaraan roda dua yang tadi kita lihat karena dimakan usia, sempat mogok. Pengadaannya telah diusulkan untuk tahun 2010 yang aka datang,” pungkas Achmad Diran, seraya memngatakan hubungan pemda dan TNI selama ini terjalin dengan baik, saling mendukung dalam menjaga kemanan dan menjaga keutuhan NKRI.
Melalui upacara ini, Wagub Kalteng atas nama pemrintah provinsi dan pribadi , menyampaikan rasa hormat dan bangga atas apa yang telah dilakukan oleh prajurit TNI selama ini. Hal ini mengingat dalam kondisi yang serba terbatas, para prajurit TNI masih tetap mampu mengemban tugas negara dengan baik.
”Atas nama pemerintah provinsi mengucapkan selamat hari jadi Kodam VI Tanjungpura yang ke 59. Diharapkan TNI tetap menjaga fropesionalitas, dan selalu setia membela dan menjaga keutuhan NKRI,” pungkas Wagub Kalteng. (*)

Tidak ada komentar: