5 Jul 2009

Logistik Pemilu Selasai Didistribusi H-1

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-
Eanam hari menjelang pemungutan suara pada pemilihan presiden dan wakil presiden 8 Juli mendatang seluruh logistik yang berhubungan dengan pemungutan suara sudah diterima olah KPU di 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah dan siap didistribusikan ke 110 kecamatan setempat.
Kepastian tersebut diungkapkan Sekretaris KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Dendul Toepak. "Logistik telah diterima semua KPU di 14 Kabupaten/Kota se Kalteng, saat ini mulai dalam proses distribusi ke panitia pemilihan kecamatan (PPK)," ungkapnya, ketika ditemui diruang kerjanya, Kamis (2/7) kemarin.
Menurut mantan Kepla Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Kalteng, mengaku optimis pelaksanaan Pilpres kali ini sukses. Pasalnya, pendistribusian logistik akan selesai ke KPPS masing-masing kelurahan sebelum 7 Juli mendatang atau sehari sebelum pelaksanaan.
Menyinggung adanya kekurangan surat suara pada sejumlah KPU seperti di Kabupaten Kotim sebanyak 3.569 lembar, di Barito Timur sebanyak 11 lembar dan di Katingan 56 lembar. Dendul menegaskan, permasalahan tersebut telah teratasi bahkan untuk mengantisipasi hal tersebut, ada petuga KPU daerah yang langsung meminta kekurangan tersebut ke KPU pusat.
"Kemarin memang sempat ada laporan kekurangan namun hal itu telah teratasi. Ada yang dikirim dari Jakarta bahkan ada petugas KPU-nya langsung mengambil sendiri ke Jakarta," tegasnya.
Dia menambahkan, untuk pengadaan logistik yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi meliputi formulir dan kelengkapan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) sepenuhnya telah didistribusikan.
“Sementara logistik yang diadakan KPU Pusat, seperti surat suara, segel, tinta hampir 90 persen telah terdistribusi ke 14 KPU kabupaten/kota, dan beberapa masih dalam proses pengiriman,” beber Dendul.
Ketua KPU Kalteng, Faridawaty Atjeh sebelumnya mengatakan, pada prinsipnya meski terjadi kekurangan masih bisa diatasi dengan surat suara cadangan, tetapi bila kekurangan mencapai lebih 1.000 lembar akan dimintakan kembali ke pusat.
Sejumlah daerah yang mendapat kiriman surat suara tambahan atau pengganti itu seperti Kotawaringin Timur, Barito Timur, dan Katingan.
Untuk di Kalteng, secara keseluruhan terdapat 110 PPK, 1.409 PPS, dan 4.999 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 14 kabupaten/kota dengan jumlah pemilih yang terdaftar sebanyak 1.607.969 orang. (*)

Tidak ada komentar: