17 Agu 2009

Korem Gelar Pengobatan Massal Gratis

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-
Komando Resort Militer (Korem) 102 Panju-Panjung (102/PJG), Rabu (19/8) nanti meluncurkan program bakti sosial TNI dalam rangka revitalisasi program keluarga berencana (KB), dan kesehatan di Provinsi Kalteng tahun 2009.
Menurut Komandan Korem 102/Pjg Kalimantan Tengah Kolonel Arm. Rudiono Edi, melalui Kepala Penarangan Korem Kapten Inf. Sukarjohan Sitompul, acara peluncuran program bakti sosial TNI, dalam hal ini Korem 102/Pjg bekerjasama dengan BKKBN Provinsi Kalteng dan Pemerintah Daerah.
Menurut rencana, acara bakti sosial dipusatkan di Rumah Sakit Tentara (RST), Jalan Diponegoro no.55 Palangka Raya. Adapun bentuk pelayanan kesehatan yang dilakukan, sunatan massal, donor darah, pengobatan massal, dan pelayanan KB.
”Tujuannya membantu masyrakat Kalteng. Pelayanan kesehatan tidak dipungut biaya sepersenpun alias gratis. Ini bukti nyata bakti TNI kepada rakyat Indonasia Kalteng,” ujar S Sitompul kepada Radar Sampit di Palangka Raya, Sabtu (15/8) kemarin.
Disamping kegiatan tersebut, panitia beserta instansi lain juga mengadakan Pasar Murah di tempat yang sama. ”Kami berharap masyarakat Kalteng bisa datang langsung ke tempat kegiatan. Selain mendapatkan pelayanan kesehatan gratis, masyarakat juga berkesempatan mendapatkan kebutuhan sembako dengan harga murah,” ungkapnya.
Sitompul menandaskan, program bakti sosial TNI dalam rangka revitalisasi program KB. TNI secara terkoordinasi dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dan sudah sepakat untuk melaksanakan kerja sama dalam bentuk Pencanangan Revitalisasi Program KB Nasional dalam mendukung tercapainya sasaran Program KB, khususnya di Kalteng.
” Program ini tak lain, tujuannya untuk membantu pemerintah mensosialisasikan KB, untuk menuju hidup masyarakat yang sejahtera. Demikian halnya dengan pelayanan kesehatan lainnya, kita juga peduli dengan kesehatan masyarakat,” tandasnya.
Melalui Bakti TNI, KB yang sudah dilaksanakan setiap tahun ini memiliki tujuan membangun keluarga kecil bahagia, sejahtera lahir dan batin. Sedangkan pengadaan pasar murah, menurut dia, juga bertujuan untuk membatu masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga yang lebih murah.
Kapenrem juga berharap agar kegiatan bhakti sosial ini dapat terus dipertahankan, ditindaklanjuti, dan dikembangkan oleh komponen-komponen masyarakat lain, sebagai bentuk partisipasi rakyat dalam upaya membangun masyarakat yang sehat dan sejahtera.
”Kami berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan. Terkait dengan hal ini kami mengundang seluruh masyarakat Kalteng untuh datang ke RST. Pelayanan akan dilakukan dimulai pukul 08.00 Wib hingga selesai,” pungkasnya. (*)

Tidak ada komentar: