24 Agu 2009

Gubernur Tantang Bupati, Pembahasan APBD 2010 Tepat Waktu

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-
Secara terbuka Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang
menantang 14 Bupati/Walikota se-Kalteng menyelesaikan pembahasan anggaran, pendapatan dan belanja daerah [APBD] untuk tahun 2010 tepat waktu.
“Saya tantang 13 kabupaten dan 1 kota di Kalteng ini untuk tepat waktu menyelesaikan APBD 2010 mendatang,” ujar Teras, Jumat (21/8) di Palangka Raya. Hal tersebut terkait pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada rapat Paripurna DPD RI beberapa waktu lalu.
Pasalnya, Sri Mulyani, pernah menyinggung sejumlah daerah yang lamban mengelesaikan pembahasan APBD. Namun acung jempol terhadap 2 provinsi, dan 12 kabupaten/kota se-Indonesia yang selama 3 tahun berturut-turut konsisten tepat waktu.
Tantangan kepada kepala daerah se-Kalteng ini, dilontarkannya seiring dengan penghargaan yang diterima 2 provinsi dan 10 Kabupaten/kota se Indonesia. Termasuk di dalamnya provinsi Kalteng. Namun 14 Kabupaten/kota di provinsi ini absen.
Penghargaan tersebut diterima Teras langsung dari Menteri Keuangan di Denpasar Bali bersama dengan 1 provinsi dan 7 Kabupaten dan 3 kota se Indonesia beberapa waktu lalu. “Penghargaan tersebut untuk 12 kepala daerah yanag telah konsisten mampu menyelesaikan Perda APBD secara tepat waktu selama 3 tahun berturut-turut dari 2007 hingga 2009,” ungkapnya.
Mantan Ketua Komisi II DPR RI, mengaku meski menerima penghargaan dari Menteri, dirinya masih belum senang dengan penghargaan tersebut. Sebab, 14 kepala daerah yang ada tidak masuk di 10 besar Kabupaten/Kota penerima penghargaan tersebut.
“Kepada Bupati, walikota, ketua DPRD Kabupaten/kota untuk lakukan yang terbaik untuk daerah. Tampakan prestasi, tampakan kemitraan, hilangkan perbedaan dan tonjolkan kepentingan rakyat karena itu lebih utama. Jika penyelesaian APBD berlarut-larut, yang dirugikan adalah rakyat itu sendiri,” sindirnya.
Penghargaan luar biasa tersebut, rendah Teras, semata-mata prestasi rakyat Kalteng sendiri dan hal tersebut memperlihatkan keharmonisan jalinan kemitraan antara DPRD Provinsi Kalteng dengan pemerintah provinsi.
“Hal itu memperlihatkan kematangan politik dan kematangan untuk menjalankan tugas mulia untuk rakyat yang sama sekali meniadakan perbedaan politik, warna namun atas satu kepentingan, yaitu rakyat,” pujinya.
Dirinya juga menyinggung daerah yang memiliki anggaran belanja besar dan proyek banyak namun masih jauh menyuarakan kepentingan dan kepedulian terhadap rakyatnya.
“Saya sekali lagi memerintahkan kepada Bupati/Walikota mari tunjukkan prestasi anda. Kalau ingin daerah maju, tampakan pertama APBD 2010, apakah anda mampu de(*)

Tidak ada komentar: