3 Apr 2009

PKS Siap Berkoalisi dengan Demokrat


PKS Kalteng Rekomendasi Hidayat Nur Wahit Cawapres Pendamping SBY

Laporan: Alfrid U


PALANGKA RAYA-Kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Tengah siap berkoalisi dengan Partai Demokrat dan mengusung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai calon presiden (capres). Bahkan PKS Kalteng merekomendasikan Hidayat Nur Wahid (HNW) Calon Wakil Presiden (cawapres) pendamping SBY.
Namun demikian, jika PKS mencapai target perolehan suara pada pemilihan umum legislatif (pileg) 9 April mendatang sebesar 20 perse, PKS akan mengajukan Capres sendiri. Dari 8 Capres-Cawapres yang semuanya kader PKS, ada dua yang paling berpeluang jadi Capres atau Cawapres, yakni Hidayat Nurwahid dan Tifatul Sembiring.
Menurut Ketua Umum DPW PKS Kalteng, Asnawi, SP keputusan merekomendasi HNW sebagai calon pendamping SBY dari Partai Demokrat, selama massa kampanye terbuka dapat dilihat dari puluhan ribu massa yang menghadiri kampanye di berbagai daerah di Kalteng.
”Dapat dilihat juga dari besarnya dukungan disaat PKS Kalteng melakukan komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat untuk menyerap aspirasi terhadap Capres dan Cawapres PKS pada Pilpres 2009, maka DPW PKS Kalteng merekemonedasikan Bapak HNW sebegai Cawapres pendaping Capres dari Partai Demokrat,” ujar Asnawi, dalam keterangan pers di Palangka Raya, Kamis (2/4) kemarin.
Lebih jauh Asnawi yang juga Caleg DPRD Kalteng Dari PKS, Nomor Urut 1 Dapil Kalteng 1 (Gumas, Palangka Raya dan Katingan) mengatakan, jika PKS menang dalam Pileg 9 April mendatang, PKS Kalteng akan mengusung pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dalam Pilgub 2010 mendatang.
Menyinggung soal terget kursi di DPRD Provinsi Kalteng. Asnawi mengatakan pihaknya menargetkan minimal 5 kursi, namun demikian melihat dari awal kampanye terbuka hingga sekarang semakin kuat dan besarnya dukungan, maka target tersebut bisa tercapai dan bahkan kemungkinan melebihi.
”Kalau perolehan kursi legislatif pada Pemilu 2004, PKS hanya mendapat 10 kursi. 1 Kursi di DPRD Provinsi Kalteng, 9 kursi di DPRD Kabupaten/Kota. Tapi kalau melihat dari besarnya jumlah massa menghadiri kampanye terbuka pada Pileg 2009 ini, kami yakin akan mencapai target, paling tidak 3 besar,” katanya diamini Agus Syamsudinmajid, Caleg DPRD Kota, Nomor Urut 1 Dapil 2.
Asnawi menambahkan, dalam percaturan politik daerah, PKS Kalteng berupaya memposisikan diri sebagai partai yang berpengaruh, baik secara kekuatan politik, partisipasi, mapun opini dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri, kuat secara moral, politik, ekonomi, hukum, sosial dan budaya.
”Maka dengan demikian langkah dan agenda perjuangan politik PKS akan sungguh-sungguh memperhatikan proses demokrasi dan reformasi yang masih mengalami banyak tantangan dan belum banyak dipahami semua orang, terutama partai politik lainnya,” imbuh Asnawi. (***)

Tidak ada komentar: