7 Apr 2009

KPU Luncurkan Election Center Tercanggih

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-Untuk pertama kalinya dalam sejarah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki fasilitas election center sebagai pusat data dan informasi Pemilu 2009 di seluruh Indoensia khususnya wilayah Kalteng.
Perangkat lunak election center dirancang khusus, dengan sitem komputernisasi tersebut diklaim Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang sebagai fasilitas tercanggih di Kalteng saat ini dan baru pertama kali digunakan KPU Provinsi Kalteng.
"Election center menyajikan data dan informasi tentang hasil Pemilu, setiap detik, setiap menit, dan setiap jam kegiatan perkembangan pemilu secara khusus di Kalteng," katanya, saat persemian election center di kantor KPU Provinsi Kalteng, Palangkaraya, Senin (6/4) kemarin sore.
Fasilitas election center disediakan KPU Kalteng dengan bantuan dana dari pemerintah daerah menggunakan sistem online terintegrasi untuk tabulasi penghitungan suara se-Kalteng, menggunakan komputer dan proyektor berlayar sentuh.
Usai menyaksikan sang operator mengoperasikan fasiltas election center tersebut, kepada sejumlah wartawan, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut mengaku kagum dengan kecanggihan election center.
”Saya sendiri merasa kagum dengan sistem kerja online yang dipertontonkan oleh pengelola election center,” ungkanya, seraya berharap pemda dan DPRD memiliki sistem serupa yang tentunya akan memudahkan pelayanan bagi masyarakat.
Teras Narang menandaskan, pemerintah selalu berkomitmen membantu pelaksanaan Pemilu oleh KPU sepanjang memang dibutuhkan. ”Kami harap bantuan ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk pemerintah provinsi, melainkan sampai kebupaten, kecamatan, hingga tingkat pedesaan," tandasnya.
Hal penting, ucap Teras Narang menambahkan, dari kehadiran election center dapat memudahkan peserta Pemilu mengakses seluruh data dan informasi tentang Pemilu, tak hanya Pemilu legislatif, tetapi juga pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden mendatang.
”Yang terpenting dari kehadiran election center itu, adalah terkait data peserta pemilu yang makin mudah diakses dan diketahui hasilnya saat pelaksaan pemilu,” pungkasnya.
Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Kalteng, Faridawaty Darlan Atjeh, dalam sambutannya mengatakan pembukaan election center yang pertama kali di Kalteng akan memberi pelayanan kemudahan, kecepatan, kenyamanan dalam mencari informasi aktual pemilu di wilayah Kalteng.
”Dengan adanya fasilitas election center ini, diharapkan masyarakat bisa mengakses perkembangan Pemilu 2009 dengan mudah, cepat dan dijamin keakuratannya,” jelasnya.
Dari pantauan Radar Sampit, hadir dalam peresmian tersebut, antara lain, ketua DPRD Provinsi Kalteng, R Atu Narang, Kepala Kepolisian Daerah Kalteng, Brigjen Polisi Syamsuridzal, dan unsur musyawarah pimpinan daerah Kalteng. (*)

Tidak ada komentar: