3 Apr 2009

Mendagri: Kepala Daerah Jaga Stabilitas

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tigal 5 hari lagi. Mentri Dalam Negri (Mendagri) minta kepala derah senantiasa menjaga stabilitas keaman wilayah daerah masing-masing menjelang puncak acara Pemilu 2009.
”Semua saluran regulatif agar diteksi dengan baik dan dimanfaatkan untuk kepentingan kelancaran pelaksanaan Pemilu,” ujar Mendagri, Mardiyanto, ketika disambangi usai memberi pengarahan pada acara musyawarah perencanaan pembangunan daerah di Palangka Raya, Kamis (2/4) kemarin.
Dikemukakannya, KPU Pusat pada tanggal 1 April lalu telah mengumumkan daftar pelih sementara (DPS) untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden bulan Oktober mendatang, oleh karena itu ia kembali mengingatkan Kepala Daerah untuk menghindari terulangnya kembali permasalahan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pileg.
Selain itu, Mantan Gubernur Jawa Tengah ini, juga meminta Kepala Daerah dapat ikut mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat didaerah masing-masing. Menurut Mendagri hal tersebut penting agar tidak ada lagi warga negara yang telah memenuhi persyaratan sebagai pemilih tidak terdaptar dalam daftar pemilih sementara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden mendatang.
”terdaftarnya pemilih dalam DPS yang nantinya menjadi DPT Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, merupakan persyaratan bagi pemilih dalam menggunakan hak politiknya dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden mendatang,” ungkapnya.
Terkait dengan persiapan Pemilu, Mardiato mengatakan, pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota sudah melaksanakan intruksi Mentri atau sesuai surat edaran Mentri dengan maksimal, terutama bantuan fasilitasi dan dukungan kelancaran Pemilu di daerah masing-masing.
”Saya berterimakasih terhadap inovasi yang dikeluarkan oleh daerah masing-masing untuk mengatasi dan menjaga kelancaran daripada Pemilu itu sendiri. Misalnya saya mengeluarkan intruksi untuk Kepala Daerah agar mendukung atau menyediakan kotak suara dan bilik suara yang kurang, ternyata sudah dilaksanakan, sepertihalnya di Kabupaten Gunung Mas,” jelas Mentri.
Lebih lanjut Mardiyanto mengatakan, langkah-langkah pemerintah daerah mengenai keamanan juga tanggap, walapun dana yang tersedia dari pemerintah pusat hanya disediakan kepada POLRI dan TNI, tetapi untuk mendukung kemanan, ternyata pemerintah daerah juga mendukung dalam hal pendananan.
”Marilah kita pelihara ketentraman dan ketertiban melalui koordinasi yang intensif dengan KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, Panwaslu serta intansi terkait lainnya, agar Pemilu dapat diselenggarakan sesuai dengan jadwa dan dilaksanakan dengan aman, tertib, lancar, jujur dan adil,” pesan Mendagri Mardiyanto. (***)

Tidak ada komentar: