29 Apr 2009

PDI Perjuangan Kuasi Kursi DPRD Provinsi

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA
-Kerja keras DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Tengah membuahkan hasil. Pemilu legislatif 9 April lalu mengangantarkan kader partai yang berlambang banteng gemuk moncong putih tersebut melenggang menuju kursi dewan hingga mengusasi 30 persen kursi, dari 45 kursi yang tersedia.
Data hasil sementara perhitungan manual KPU Provinsi Kalimantan Tengah, hingga pukul 12.00 WIB kemaren malam, minus Kota Palangka Raya, menunjukan, perolehan kursi PDI Perjuangan mencapai hingga 13 kursi, naik dibandingkan perolehan kursi pada tahun 2004 lalu, sebanyak 10 kursi. Jumlah tersebut naik cukup signifikan hingga menguasai sekitar 30 persen kursi dewan provinsi.
Partai Golongan Karya, pada pemilu legislatif 2004 memperoleh 13 kursi, anjlok menjadi 6 kursi. Meski demikian, Partai Golongan Karya menempati posisi kedua, setara dengan Partai Demokrat, dengan perolehan kursi sebanyak 6 kursi.
Selanjutnya disusul Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan kursi sebanyak 5 kursi. Dibandingkan tahun 2004, PAN bertambah 1 Kursi, sebelumnya hanya memperoleh 4 kursi. Sedangkan posisi keempat disusul Partai Gerinda, dengan perolehan kursi sebanyak 4 kursi.
Pada posisi kelima, ditempati Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dengan perolehan kursi sebanyak 3 kursi. Perolehan kursi PPP, turun tajam dari peroelahan kursi pada tahun 2004, yakni sebanyak 5 kursi.
Sementara itu, PBB perolehan 2 kursi, naik 1 kursi dari peroleh kursi tahun 2004. Naiknya perolehan kursi PBB, menempatkan partai yang identik dengan Yusril Ihza Mahendra ini diposisi keenam.
Partai Hanura, menempati posisi ketujuh dengan perolehan kursi sebanyak 2 kursi. Sementara itu pada posisi kedelapan ditempati PKB, PKNU, PKS, dan PDP dengan perolehan kursi masing-masing 1 kursi. Perolehan 1 kursi bagi PKB, merupakan musibah, pasanya perolehan kursi pada pemilu legislatif 2004 lalu sebanyak 3 kursi.
Ketika dikonfirmasi hasil akhir rapat pleno. Anggota KPU Kalteng, Awongganda W Halijar mengatakan, perolehan kursi tidak mengalami perubahan, meski sudah masuk dari KPU Kota Palangka Raya. Namun demikian, ketika diminta data rill hasil rapat pleno, Awongganda belum bisa merincinya, lantaran ia berada di Jakarta.
”Tadi pagi setelah berakhirnya rapat pleno pada sekitar pukul 04.00 WIB dini hari, kami kelelahan dan tidak sempat mem-prinout untuk kawan-kawan media, namun untuk saksi partai sudah di prinout. Silahkan hubungi partai untuk melihat hasil akhir,” kata Awongganda, ketika dihubungi pertelepon, Senin (28/4) siang kemarin.
”Maaf kami tidak sempat memprinout data dan meninggalkannya di kantor (Sekretariat KPU Kalteng, red), karena kami terburu-buru berangkat ke Jakarta,” jelas Awongganda menimpali. (*)

Tidak ada komentar: