21 Apr 2009

PDI Perjuangan Unggul di Kabupaten Lamandau

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Provinsi Kalteng Dimulai

Laporan: Alfrid U

PALAANGKA RAYA-
Rapat pleno KPU Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan agenda rekapitulasi penghitungan surat suara dan penetapan hasil akhir Pemilu legislatif 9 April 2009, dimulai, Senin (20/4) kemarin. Dalam rapat pleno tersebut hanya diikuti dua KPU Kabupaten.
Menurut Anggota KPU Kalteng, Awongganda W Halijar, dua KPU Kabupaten peserta rapat pleno pada hari pertama tersebut, yakni Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Barito Selatan.
”Rapat pleno rekapitulasi dimulai sejak diterimanya berita acara dari KPU Kabupaten/Kota. Nah yang sudah masuk berita acaranya hingga tadi pagi adalah Kbapuaten Lamandau dan Kabupaten Barito Selatan, jadi dengan demikian peserta pleno hari ini hanya diikuti dua KPU Kabupaten,” ujar Awong, kepada sejumlah wartawan di Palangka Raya, kemarin.
Dikemukakannya, untuk KPU daerah lainnya kemungkinan akan dilaksanakan mulai besok (hari ini, red), mengingat ada beberapa daerah masih dalam perjalanan menuju Palangka Raya. ”Ada juga beberapa daerah yang belum menyelesaikan rekapitulasi ditingkat KPU Kabupaten/Kota, karena ada beberapa masalah,” ungkapnya.
Awong mencontohkan, misalnya di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas, hingga saat ini masih berlangsung rekapitulasi suara, hal tersebut diakibatkan banyaknya TPS yang hingga mencapai 200 TPS. ”Dengan banyaknya TPS tersebut, sehingga membutuhkan waktu berhari-hari merakapitulasi suara,” beber Awong.
Menyinggung perolehan suara partai, untuk DPRD Provinsi, menurut Awong hingga siang kemarin baru selesai rekapitulasi dari KPU Lamandau. Partai yang memimpin pertama untuk Kabupaten Lamandau, adalah PDI Perjuangan dengan perolehan suara 5. 273.
Sedangkan Caleg PDI Perjuangan yang memperoleh suara terbanyak adalah, caleg atas nama, Emanuel Milo dengan perolehan suara sebanyak 1.441 suara, diposisi kedua celeg atas nama, Prapti Suryandari dengan perolehan suara sebanyak 1.078 suara.
Menempati urutan kedua, perolehan suara partai untuk DPRD Provinsi Kalteng, adalah Partai Golkar, dengan perolehan suara sebanyak 4.670 suara. Sementara suara caleg, menempati urutan pertama atas nama Ir. H. Abdul Razak, dengan perolehan suara sebanyak 1.088 suara, menempati posisi kedua, caleg atas nama Kamaruddin, dengan perolehan suara sebanyak 865 suara.
Diposisi tiga, perolehan suara partai untuk DPRD Provinsi Kalteng, adalah Partai Demokrat, dengan perolehan suara sebanyak 3.797 suara. Suara tingkat caleg, menempati uurutan pertama Dra. Ec. Lina Ningsih, dengan perolehan suara sebanyak 1.169, menempati urutan kedua Derman Syus Saragih, dengan perolehan suara sebanyak 417 suara, dan menempati urutan ketiga, caleg atas nama Jimin, dengan perolehan suara sebanyak 379 suara.
Ditingkat DPR RI, hasil rekapitulasi akhir dari Kabuapten Lamandau, menempati urutan pertama PDI Perjuangan, dengan perolehan suara sebanyak 17.573 suara. Menempati uratan kedua, Parati Golkar, dengan perolehan suara sebanyak 10.705 suara, dan menempati posisi ketiga Partai Demokrat, dengan perolehan suara sebanyak 8.226 suara.
Sedangkan untuk suara caleg DPR RI, menempati urutan pertama dengan perolehan suara Dra. Hj. Chairun Nisa, MA, dari Partai Golkar, dengan perolehan suara sebanyak 3.779. Sedangkan menempati urutan kedu, caleg atas nama Sabam Sirait, dengan perolehan suara sebanyak 3.513, dan menempati urutan ketiga, caleg atas nama Brigjen TNI (Purn) Victor Phaing, dengan perolehan suara sebanyak 2.081 suara. (*)

Tidak ada komentar: