8 Mei 2009

Optimis Selesai Sebelum Pemilu Presiden

Penyelesain Ruas Jalan Sampit-Kuala Pembuang

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-
Anggota Komisi D bidang fisik dan prasarana dari DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Danthe Theodore, mengatakan perbaikan jalan menggunakan paket kontrak multiyears diwilayah Kotawaringin, optimis selesai sebelum pemilu presiden mendatang.
”Perbaikan jalan yang menggunakan dana paket kontrak multiyears hampir 95 persen pengerjaannya rampung, seperti paket di kabupaten Kotawaringin Timur, jalan menghubungkan simpang Pundu I dan II, Sampit-Ujung Pandaran, dan Samuda menghubungkan Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan,” ujarnya, di Palangka Raya kemarin.
Menurut politisi Partai Golkar yang identik dengan warna kuning ini, keyakinanannya akan selesai pengerjaan sejumlah ruas jalan tersebut, diketahui ketika pihaknya melakukan kunjungan kerja kewilayah Kabupaten Katingan, Kotim dan Seruyan.
“Dari hasil kunjungan kerja tersebut, kami melihat kondisi dilapangan. Selain itu dari ketersediaan bahan material dan alat yang siap dilokasi pekerjaan, kami optimis pekerjaan jalan dalam paket multiyears tersebut selesai tepat waktu,” ucapnya yang dinobatkan sebagai Ketua Tim Kunker Komisi D DPRD Kalteng.
Akan tetapi, ucap Danthe menimpali, ruas jalan Sampit-Samuda sepanjang 10 km yang menggunakan anggaran APBD Kabupaten Kotim, hingga sekarang baru dapat diselesaikan hanya sekitar 600 meter saja, hal tersebut, katanya, dapat dimaklumi karena keterbatasan anggaran.
”Terhambatnya pembangunan ruas jalan Sampit-Samuda semeta-mata karena keterbatasan anggaran daerah. Namun demikian, pihak pemerintah daerah optimis dapat menyelesaikananya sebelum pemilu presiden,” pungkasnya.
Disamping pengawasan terhadap pekerjaan infrastruktur jalan, Komisi D juga melihat pembangunan Jembatan Seruyan yang direncanakan akan diresmikan bulan Juni 2009 mendatang. Dari penurutran pihak kontraktor, kata Danthe, pihaknya memperoleh informasi akan selesai sebelum pemilu presiden.
“Menurut kontraktor pelaksana, secara fisik Jembatan Seruyan sudah mencapai pengerjaan 68-78 persen, kini pembangunannya sudah masuk tahap akhir, yakni tahap penyambungan rangka, diperkirakan jembatan tersebut fungsional sebelum bulan Juni,” jelasnya.
Danthe menembahkan, dari pengamatan pihaknya dilapangan selama melakukan kunjungan kerja, pihaknya optimis jembatan tersebut juga akan rampung sesuai terget, hal tersebut juga diakui dari pihak kontraktor.
”Selain kemajuan secara fisik, juga pekerjaannnya pun terus digenjot, seperti tampat dilokasi itu bahan material yang sudah siap, serta tongkang sebagai alat penyambung juga sudah dilokasi,” imbuh caleg incumbent yang gagal meraih kursi pada pemilu 9 april lalu. (*)

Tidak ada komentar: