20 Okt 2010

Kloter15 Sudah Tiba di Makkah

Laporan: Alfrid Uga
PALANGKA RAYA-
Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kalteng yang masuk dalam Kloter 15, melalu Embarkasi Solo telah tiba di Jedah, Makkah dengan selamat. Kabid Haji dan Wakaf, Abdul Wahid mengatakan, CJH asal Kabupaten Kotawaringin Barat, Sukamara dan Lamandau tersebut tiba di Jedah sekitar pukul 04.00 dini hari kemarin. “Setibanya di jedah, rombongan langsung menuju Medinah menggunakan bus,” ungkap Abdul Wahid, Minggu (17/10).
Menurut Abddul Wahid, rombongan sebanyak 162 orang itu, yang berasal dari Kabupaten Lamandau, Kobar dan Sukamara. Berangkat dari bandara Adi Sumarmo, Solo, Jawa Tengah menggunakan pesawat Garuda dengan kapasitas 365 set. “Rombongan diperkirakan begitu sampai di Jedah langsung menepati lokasipemondokan di area ring II, yang berjaraknya sekitar 4 ampai dengan 5 kilometer dari Masjidil Haram,” ungkanya.
Wahid panggilan akrap dari Abddul Wahid ini, CJH kloter 15 bertolak dari Kalteng pada 15 Oktober lalu ke embarkasi Solo dengan menggunakan kapal laut, ke Semarang, Jawa Tengah dan selanjutnya bergambung dengan rombongan dari Embarkasi Semarang.
“Terdapat sekitar 10 orang petugas pendamping dan tenaga medis turut berangkat beserta rombongan. Jadi sejauh ini kondisi CJH yang masuk dalam Kloter 15 dalam keadaan sehat,” tukas Wahid.
Menyinggung biaya haji, dibandingkan dengan CJH yang melalui Embakasi Banjarmasin, Wahid mengatakan, ongkos naik haji untuk Embarkasi Solo lebih murah dibanding embarkasi Banjarmasin. Kerna Embarkasi Solo lebih dekat menuju Jedah dibandingkan melalui Embakasi Banjarmasin.
“Biayanya tergantung jauh dekat jarak tempuh. Untuk tarif ONH embarkasi
Solo sebesar $3.344 Dollar, sedangkan Embarkasi Banjarmasin sebesar $3.440 Dollar.
ONH tahun ini lebih murah dibanding tahun lalu, sebagai hasil keuletan Pemerintah Pusat
melakukan pembahasan dengan Komisi V DPR RI,” tukasnya.
Kendati biaya haji lebih murah pada tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, pelayanan tetap maksimal tanpa dikurangi bahkan ditingkatkan dari tahun-tahun sebelumnya. “Berdasar hasil kesepakatan, biaya lebih murah namun pelayanan harus makin ditingkatkan,” ijar Wahid.
Wahid menambahkan, untuk Kloter 5, 6,7, 8 dan 15 Wmbarkasi Banjarmasin asal Palangka Raya, Kapuas, Pulang Pisau, Barsel, Bartim, Barut, Mura, Seruyan, Kotim dan Katingan yang berjumlah 1.385 CJH akan mulai diberangkatkan pada 23 Oktober mendatang, dimulai dari Kloter 5, masuk asrama haji Banjarbaru pada 23 Oktober jam 21.00 WIT. Kemudian berangkat pada 24 Oktober jam 21.00 WIT dengan pesawat kapasitas 325 set.
Selanjutnya, Kloter 6 Banjarmasin masuk asrama 25 Oktober jam 08.00 Wita, berangkat 26 Oktober jam 03.30 Wita. Sedangkan kloter 7 masuk asrama 26 Oktober jam 09.00, berangkat 27 Oktober pukul 08.05 Wita. “Kloter 8 dan 15 Banjarmasin masuk asrama tanggal 28 Oktober, jam 08.00 pagi, berangkat tanggal 29 oktober jam 07.15 Wita dengan pesawat kapasitas 325 set,” pungkas Wahid. (radar sampit)

Tidak ada komentar: