20 Okt 2010

Cuaca Makkah Ekstrim, Imbau Jaga Fisik

Laporan: Alfrid Uga
PALANGKA RAYA-
Tak hanya di Indonesia. Di Tanah Suci Makah juga mengalami cuaca ekstrim tahun ini. Terkait dengan hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah Departeman Agama (Kakanwil Depag), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Ansyari menghimbau kepada seluruh Calon Haji (Calhaj) asal Kalteng, selalu menjaga kondisi fisik selama menunaikan ibadah haji di Mekkah.
“Dari sebelumnya kita sudah mewanti-wanti jemaah. Agar selalu menjaga fisik selama menjalankan ibadah haji, apalagi sekarang di Tanah suci Makah mengalami perubahan cuaca yang cenderung ekstrim. Suhu dingin sangat berbeda dengan dingin di sini (kalteng, red). Tingkat kelembapannya sangat rendah, sehingga dinginnya kering,” ucap Anshary kepada sejumlah wartawan, di Palangka Raya, Selasa (19/10).
Dikemukakan Anshary, berdasarkan catatan Kementerian Agama (Kemenag) RI. Mekkah sejak sepekan terakhir mengalami perubahan cuaca yang sangat ekstrem antara pagi dan siang hari. Pada pagi hari atau sekitar pukul 01.00 hingga 04.00 waktu setempat, suhu di Makah bisa mencapai 10 derajat Celcius. Tetapi di siang hari atau sekitar pukul 11.00 hingga 15.00 waktu setempat, suhu mencapai di atas 30 derajat Celcius.
“Kondisi itu tentunya sangat berpengaruh pada Jemaah Haji asal Indonesia yang memiliki iklim berbeda dengan di Arab Saudi. Apabila tidak bisa menyesuaikan diri, penyakit sangat mudah menyerang, terutama bagi Calon Jemaah Haji yang lanjut usia,” jelas Anshary.
Meski demikian, menurut Anshary, hingga kini masih belum ada laporan keluhan dari Calhaj asal Kalteng. Namun, ucap Anshary, pihaknya akan terus memantau perkembangan dan kondisi para Calhaj di Arab Saudi.
Terkait, pemberangkatan Calhaj asal Kalteng. Menurut Anshary, sebanyak 162 orang Calhaj yang melalui Embarkasi Solo, seperti Pangkalan Bun, Sukamara dan Lamandau yang telah tiba, kini sedang melakukan aktivitasnya di Kota Maddinah. “Mereka di Madinnah melakukan Sholat Arbain, yaitu shalat 40 kali secara terus menerusdan minimal mereka harus disana selama 8 hari,” jelasnya.
Sementara untuk Calhaj yang melalui embarkasi Banjarmasin, yakni, kloter 5, 6,7, 8 dan 15 sebanyak 1.385 jamaah, akan mulai diberangkatkan secara bergiliran mulai tanggal 23, 24 dan 25 Oktober mendatang. “Kloter 5 akan masuk asrama haji Banjarbaru pada 23 Oktober sekitar pukul 21.00 WITA dan berangkat 24 Oktober pukul 21.00 WITA menggunakan pesawat kapasitas 325 set,” ucap Anshary.
Sedangkan, kloter 6 masuk asrama pada tanggal 25 Oktober pukul 08.00 WITA dan berangkat 26 Oktober pukul 03.30 WITA. Kloter 7 masuk asrama 26 Oktober jam 09.00, berangkat 27 Oktober pukul 08.05 WITA dan Kloter 8 serta 15 masuk asrama tanggal 28 Oktober pukul 08.00 pagi dan berangkat tanggal 29 oktober jam 07.15 WITA. (radar sampit)

Tidak ada komentar: