2 Jan 2009

DPD RI Bantu Loby Pemerintah Pusat

Oleh: Alfrid Uga

PALANGKA RAYA-Pembangunan di Kalimantan Tengah (Kalteng) terus mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (Waket DPD) RI, Irman Gusman kepada sejumlah wartawan di Palangka Raya, mengungkapkan pihaknya akan mendorong semaksimal mungkin pembangunan di Kalimantan khususnya Kalteng.
Menurut dia, Kalteng memiliki sumber daya alam yang melimpah sehingga dinilai sebagai masa depan pembangunan ekonomi Indoensia. “Sudah saatnya perhatian pemerintah pusat difokuskan ke Kalteng. Investasi berskala besar harus diarahkan, karena potensi SDA nya yang luar biasa,” ujarnya, Rabu (30/12) kemarin.
Irman Gusman, yang didampingi Sekjen DPD RI Siti Nurbaya dan DPD Dapil Kalteng Hamdani saat menggelar jumpa pers bersama Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang SH di Rumah Jabatan Gubernur, akan menjembatani keinginan Kalteng ke Pemerintah Pusat yang tentunya bertujuan untuk kemajuan masyarakat Kalteng.
“Yang menjadi persoalan bangsa selama ini sebenarnya adalah keadilan daerah dengan pusat, untuk itu kami akan memfasilitasi antara Kalteng dengan pusat,” katanya, turut diamini Siti Nurbaya dan Hamdani.
Diungkapkannya, walaupun pihaknya memiliki kewenangan terbatas jika dibandingkan lembaga Negara lain, namun, DPD RI bisa mempengaruhi pemerintah pusat melalui lobi atau kegiatan lain seperti seminar, workshop, dan lainnya terkait potensi daerah tersebut sehingga perlu mendapat perhatian serius.
Irman, mengakui kemajuan pembangunan Kalteng dibawah kepemimpinan Teras Narang terutama perekonomian terus menunjukkan peningkatan yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan semakin lancarnya arus barang/jasa yang keluar masuk Kalteng.
“Ini tak lain hasil dari kebijakan Gubernur yang memprioritaskan pembangunan di bidang infrastruktur,” kata Irman yang mengaku baru dua kali datang ke Kalteng, yakni saat pelantikan Teras menjadi Gubernur tahun 2004 lalu dan menghadiri pemakaman anggota DPD Kalteng, KH Haderani Senin (29/12) kemarin.
Ditambahkannya, atas keberhasilan Gubernur dan Wakil Gubernur merintis kemajuan pembangunan Kalteng, DPD RI memberikan penghargaan Regional Trade, Tourism And Investment (RTTI) Award atau penghargaan bidang Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Daerah dalam penyelenggaraan forum investasi daerah bertajuk Indonesian Regional Investment Forum (IRIF) tanggal 18-20 Maret 2008 lalu.
“Kemajuan suatu daerah tergantung leadership (kepemimpinan) kepala daerahnya. Terobosan serta kebijakan yang diambil oleh kepala daerah yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi serta berpihak pada rakyat, menjadikan daerah tersebut mengalami kemajuan luar biasa,” ungkap Irman.
Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kalteng, Agustin Teras Narang, SH menyambut positif kemauan Wakil Ketua DPD RI tersebut. Menurutnya, DPD RI merupakan jembatan emas bagi Kalteng untuk meminta perhatian ke Pemerintah Pusat.
“Kalteng meminta agar Pemerintah Pusat memberikan keleluasaan tentang kebijakan pengelolaan SDA. Untuk memuluskan langkah ini, DPD merupakan tempat untuk mengadu,”ucapnya.
Gubernur berharap banyak agar DPD RI melakukan pendekatan ke Pemerintah Pusat sehingga keinginan pemerintah daerah bisa terealisasi. Walapun demikian Gubernur sadar, dari segi kewenangan DPD RI masih terbatas, namun telah berperan baik untuk menyuarakan pembangunan di daerah.
“Dengan sisa waktu yang tinggal beberapa bulan lagi, saya menantang DPD RI, khususnya Dapil Kalteng untuk bisa memberikan tinta emas bagi Kalteng sebelum masa jabatannya berakhir,” imbuhnya. (***)

Tidak ada komentar: