19 Nov 2009

Pejabat Pemprov Bergeser Lagi

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-
Gerbong pejabat dalam lingkup Pemprov Kalteng kembali bergerak. Sedikitnya 183 pejabat eselon mengalami pergeseran dari jabatannya. Rinciannya, sebanyak 25 pejabat eselon II, 63 pejabat eselon III dan 95 pejabat eselon IV. Ini diketahui dari acara pelantikan di Aula Bapepeda Kalteng oleh Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang, Selasa (10/11).
“Mutasi dan pengisian kali ini diharapkan dapat memberikan kesegaran dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang sekarang masih perlu peningkatan dan penyempurnaan," ungkap A Teras Narang.
Menurut guberur mutasi jabatan yang dilakukan sekaligus sebagai eksistensi dan aparaturnya yang selalu berubah dan berkembang. Dia juga menegaskan bahwa proses pengisian jabatan telah melalui mekanisme cukup panjang alias tidak dilakukan mendadak. “Mutasi kali ini diharapkan dapat memberikan kesegaran dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Teras Narang.
Untuk diketaui, sejumlah jabatan strategis eselon II di beberapa dinas/badan yang mengalami pergeseran, yakni Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi M. Hata, sebelumnya Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja.
Kepala Dinas Kehutanan Anung Setiadi menggantikan Anang Acil, sebelumnya Anung menjabat Kepala Badan Penanaman Modal Daerah. Dinas Perkebunan Erman P Ranan, menggantikan Parintis Sulaiman yang sudah masuk usia pension. Sementara Kepala Badan Penanaman Modal Daerah yang baru Theopilus Y Anggen.
Perubahan juga terjadi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas yang baru Anang Acil Rumbang. Sedang Inspektur Provinsi Efrensia Umbing, dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jaya Saputra.
Sementara pada jabatan Asisten Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng yakni Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Muchtar, menggantikan Tonny Prihantono. Sedangkan di Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Tonny Prihartono, dan Asisten III Bidang Administrasi Siun Jarias.
Pelantikan 183 pejabat, dirangkaikan juga dengan penandatanganan Pakta Integritas bagi para pejabat eselon II sebagai bentuk komitmen menjalankan tugasnya selaku aparatur pelayan publik yang baik.
“Pakta integritas itu bentuk komitmen pejabat yang akan dinilai keberhasilannya setiap senam bulan. Untuk Kalteng selama ini masih relatif baik seiring terjadinya peningkatan pelayanan publik," pungkas A Teras Narang. (***/Radar Sampit)

Tidak ada komentar: