17 Nov 2009

Koalisi Parpol Islam Usung Achmad Amur

Diundang, Wahyudi Pilih Tak Hadir

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-
Peluang Wahyudi K Anwar maju sebagai calon gubernur (cagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Koalisi Partai Politik (Parpol) berbasis Islam tertutup. Padahal sebelumnya nama Bupati Kotawaringin itu, sempat disebut-sebut Cagub Kalteng yang disusung, PAN, PPP, PKB, PKNU, PKS,PBB dan Gerindra.
Ketua DPW PBB Provinsi Kalteng Syahrani Umbran mengungkapkan hasil pertemuan Parpol Koalisi Partai Islam, Senin (2/11) malam, sepakat menetapkan nama Bupati Pulang Pisau H. Achmad Amur sebagai cagub Kalteng. Wahyudi juga diundang dalam pertemuan tersebut. Namun ia tak bisa dating karena alasan memiliki kesibukan lain.
Koalisi Parpil Islam, kata dia, tentu saja memiliki banyak pertimbangan menetapkan Achmad Amur sebagai cagub. Dari hasil survei yang telah dilakukan terhadap 16 bakal cagub, nama Achmad Amur menempati posisi teratas.
“Saya tidak menyebut Wahyudi tereliminasi. Keputusan ditetapkan berdasarkan hasil survey terhadap 16 nama, baik yang sedang menjabat bupati, teknokrat, birokrat mapun dari elit parpol, ternyata nama Achmad Amur menduduki ranking teratas,” jelas anggota DPRD Kalteng dua periode ini.
Pertimbangan lain, tambahnya, dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat, tokoh ulama, mengalir deras mendukung Achmad Amur sehingga partai-partai politik yang masuk dalam koalisi bersepakat mendukung Achmad Amur sebagai Cagub Kalteng untuk masa periode 2010-2015.
“Dari beberapa kali pertemuan sudah ada kata sepakat. Kita juga sudah tanda tangan nota kesepakatan (MoU). Meski demikian, karena terkait dengan mekanisme partai, seperti Partai Gerindra, rencananya calon akan diundang oleh DPP Gerindra. Tetapi untuk DPD Gerindra Kalteng sendiri sudah final mengusung Achmad Amur,” tambahnya.
Menyinggung nama calon wakil gubernur (Cawagub) pasangan Achmad Amur. Syahrani Umbran belum bisa memastikan nama Cawagub, hingga saat ini partai-partai koalisi belum ada kata sepakat dari sekian nama bakal calon yang masuk di Koalisi Parpol Islam.
“Ada banyak nama calon yang masuk di Koalisi Partai Islam, tetapi partai-partai belum ada kata sepakat. Kalau PBB sendiri sudah menetapkan nama Bupati Barito Seltan Baharuddin Lisa sebagai cawagub, tetapi itu sementara semuanya tergantung kesepakatan partai,” ungkapnya.
Kembali ditanya, bukankah Achmad Amur kader Partai Golkar yang akan diusung Partai Golkar berkoalisi dengan PAN. Syahrani Umbran, mengatakan, pihaknya memeng pernah menawarkan Partai Golkar bagian dari kolaisi, tetapi Partai Golkar belum memberi jawabab. “Untuk Partai Golkar saya tidak berani menyatakan potif bergabung, karena Golkar masih mempertimbangkannya,” tandasnya.
Seperti diberitakan Koran ini sebelumnya, gerakan bawah tanah dari sejumlah pejabat sekelas bupati/walikota untuk membendung calon incumbent pemilihan gubernur (pilgub) Kalteng 2010 mulai tercium. Dibawah komando salah seorang kepala daerah, mereka mulai berkonsolidasi dengan tokoh masyrakat, tokoh agama, tokoh adapt, organisasi kepemudaan, hingga mahasiswa.
Mereka menjadi tim sukses dua pasangan calon sekaligus yakni Bupati Pulang Pisau Achmad Amur (calon gubernur) dan Eddy Raya (calon wakil gubernur), serta pasangan Bupati Barito Selatan Baharudin Lisa (calon gubernur) dan Bupati Kotim Wahyudi K Anwar (calon wakil gubernur).
Sumber Koran ini mengungkapkan, Achmad Amur dengan Eddy Raya Samsuri akan diusung Koalisi Partai Golkar dengan PAN. Sedangkan pasangan Baharuddin Lisa dengan Wahyudi K Anwar akan usung Koalisi Partai Gerindra, Hanura, PPP, PBB, PKB dan PKS. (***/Radar Sampit)

Tidak ada komentar: