17 Nov 2009

Teras Isyaratkan Mencalon Lagi

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-
Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang belum menentukan sikap, apakah maju atau tidak dalam pemilihan gubernur (pilgub) Kalteng 2010. Namun begitu, ada isyarat calon incumbent itu akan maju kembali.
“Saya akan mengambil sikap setelah melakakukan evaluasi selama lima tahun. Sayakan bukan pengurus partai, jadi ngga ada kemungkinan karena belum ditentukan,” kata Teras Narang kepada sejumlah wartawan usai upacara bendera memperingati hari pahlawan di halaman kantor gubernur, Selasa (10/11).
Terus didesak mengenai kesiapannya apabila diusung parpol untuk maju dalam pilgub. Secara diplomatis mantan politisi Senayan mengatakan akan melihat tantangan kedepan. Apabila memutuskan maju kembali, menurutnya harus lebih baik dari kepemimpinannya saat in.
“Maaf ya, yang saya kejar bukan gubernurnya, tetapi bagaimana meningkatkan pembangunan di Kalteng,” tukas adik Kandung Ketua DPRD Kalteng R Atu Narang ini.
Dia lantas mencontohkan, selama kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur Achmad Diran dari tahun 2004-2009. Penilaiayan dari masyarakat terhadap kinerjanya akan dijadikan pertimbangan untuk mengambil keputusan maju atau tidak dalam pilgub.
“Alamham dullilah ada yang mengatakan kemajuan Kalteng meningkat, tetapi ada juga yang mengatakan tidak ada kemajuan. Inilah yang harus saya pertimbangakan dengan baik,” imbuhnya.
Apakah selama empat tahun lebih ada program kerja yang belum tercapai? Teras hanya mengatakan akan mengevaluasi kembali. “Nantilah, makanya saat ini saya masih dalam proses mempertimbangkan itu. Oleh karena itu saya katakan belum menentukan sikap,” pungkasnya menjawab sikap dirinya untuk maju kembali sebagai calon gubernur.
Untuk diketahui saja, sejumlah nama yang disebut-sebut akan ambil bagian dalam Pilgub Kalteng. Selain Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang calon incumbent, nama lain yang senter disebut Bupati Kotawaringin Timur Wahyudi K Anwar, Bupati Pulang Pusau Achmad Amur, dan Bupati Barito Utara Achmad Yuliansyah.
Sedangkan dari elit politik, mencuat nama Ketua DPD Partai Golkar Kalteng Abdul Razak, dan Ketua DPD Demokrat Kalteng Didiek Salmijardi. Sementara dari tokoh masyarakat Kalteng, hadir nama Madjedi Filmansyah.
Nama lain yang disebut-sebut layak menduduki posisi wakil gubernur, ada nama Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran, Bupati Murung Raya Willy M Yosef. Dari birokrasi, ada nama Asisten I Setda Provinsi Kalteng Toni Prihantono, pensiunan Asisten II Setda Provinsi Kalteng Titik Sundari.
Dari kalangan tokoh muda sekaligus pengusaha, ada nama Eddy Raya Samsuri anak mantan Gubernur Kalteng Asmawi Agani dan Tugiyo Wiradmojo, pelofor pengusaha mini market di Kota Palangka Raya yang juga pemilik MTC Mega Top di Jalan Yosudarso Komplek Universitas Palangka Raya ini. (***/Radar Sampit)

Tidak ada komentar: