17 Nov 2009

Hujan Guyur Pelapasan Syamsuridzal

Laporan: Alfrid U

PALANGKA RAYA-
Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Drs. H Demianus Jackie secara resmi mengawali tugasnya memimpin Kepolisian Daerah Kalteng. Awal dari kepemimpinannya ditandai dengan upacara serah terima jabatan di halaman Markas Polda Kalteng, Senin (2/11).
Kapolda yang lama, Brigjen Pol Samsuridzal yang diberi kesempatan pertama menyampaikan sambutan perpisahan dengan seluruh jajaran Polda Kalteng. Mengatakan upacara yang berlangsung, merupakan momen yang bersejarah bagi dia dan keluarganya.
“14 bulan 3 hari, dibawah guyuran hujan. Saya juga melaksanakan upacara seperti ini, untuk melaksanakan amanat sebagai Kapolda Kalteng. Pada hari ini saya juga secara resmi dihadapan peserta upacara, saya menyerahkan tampuk pimpinan Polda Kalteng kepada Brigjen Pol Drs Demianus Jackie,” ucapnya.
Dalam pesan terakhirnya, Samsuridzal mengharapkan, kepada seluruh anggota Polda Kalteng agar bias bekerja sama dengan Polda yang baru, dan dapat menyempurnakan pekerjaan dan hal-hal yang belum sempat terselesaikan dimasa kepemmimpinannnya.
“Apa yang telah saudara berikan dan kita lakukan bersama selama 14 bulan 3 hari ini, tentunya jauh dari sempurna. Pekerjaan yang belum terselesaikan, saudara bersama dengan Polda yang baru, tentunya dapat menyempurnakan pekerjaan dan hal-hal yang belum sempat terselesaikan,” pesan Samsuridzal.
Dikemukan Samsuridzal, selama dalam kepemimpinannya sepanjang tahun 2009, pelaksanaan pemilu legislative, pemilu presiden dan wakil presiden di wilayah Kalteng dan berjalan dengan lancer. “Tentunya berkat kebersamaan, yang kita bangun selama ini, dan kerja keras seluruh anggota Polda Kalteng,” tukasnya.
Keberhasilan yang dicapai selama dalam kepemimpinannya, tentu dengan kepemimpinan yang baru ia juga yakin dan percara Polda Kalteng dapat lebih bersinar dan cemerlang lagi dari sebelumnya.
“Saya tau persis karena Kapolda Kalteng yang baru ini, adalah rekan saya satu angkatan, dan beliau telah banyak bertugas di sebagian wilayah di Indonesia, baik dibidang pembinaan mapun dibidang operasional. Modal pengalaman tersebut, Polda Kalteng lebih bersinar lagi,” tandasnya.
Sementara itu, Kapolda Kalteng yang baru Brigjen Pol Drs. H Demianus Jacki dalam sambutannya, menyatakan akan bekerja keras dan propesional dalam melaksanakan pekerjaan yang telah dirintis mapun yang pernah dikerjakan Polda terdahulu.
“Saya sebagai Kapolda yang baru akan bekerja keras melaksanakan pekerjaan yang telah dirintis Brigjen Pol Samsuridzal, baik dibidang operasional mapun dibidang pembinaan,” ucapnya yang mendapat giliran kedua memberi sambutan setelah Polda yang lama.
Demianus mengakui, selama kepemimpinan Samsuridzal, telah membawa pengaruh besar terhadap kinerja Polda Kalteng. “Secara umum kerna kerja keras beliaulah kemajuan yang dicapai Polda Kalteng selama ini. Oleh karena itu tidak akan bisa hilang dengan waktu, karena tertulis dengan tinta emas,” pungkasnya.
Sebelum pelaksanaan upacara serah terima jabatan, Kapolda yang baru di sambut oleh Kapolda yang lama dengan seluruh jajaran Polda Kalteng dengan menggelar acara adat potong pantan. Demikian halnya, Kapolda yang baru mempin acara pelepasan, mengantarkan Polda yang lama hingga gerbang keluar markas.
Namun sayangnya, acara pelepasan sempat tertunda sekitar setengah jam lantaran diguyur hujan. Sesaat setelah hujan reda, mobil yang dihiasi dengan replika burung tingang, simbol Kalteng itu, berhasil mengantarkan Kapolda Kalteng yang lama dengan lancer hingga keluar gerbang Markas Polda Kalteng.
Dalam perjalanannya menumpangi mobi hias dari halaman depan Polda hingga pintu gerbang keluar, tak henti-hentinya Samsuridzal didampingi istrinya melambai-lambaikan tangan dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Polda Kalteng.
Meski terlihat wajahnya tersenyum, namun Samsuridzal dan istrinya tak bisa menyembunyikan keharuannya. Sambil melambaikan tangannya, Samsuridzal mapun istrinya sesekali mengusapkan air matanya yang jatuh kepipi.
“Sukses dan jaya selalu untuk rakyat Kalteng,” teriak Samsuridzal dari dalam mobil Toyota kijang plat hitam Nomor Polisi 1801 AR yang ditumpanginya, sambil melambaikan tangan. (***/Radar Sampit)

Tidak ada komentar: