21 Okt 2008

Caleg No. 1 PPP Ditolak Warga "Protes ke KPU Kalteng dan DPW PPP Provinsi"

Laporan; Haris L (Radar Sampit)

PALANGKA RAYA- Masalah krusial kembali mencuat di tubuh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kalteng. Lantaran caleg nomor urut 1 DPRD Provinsi Kalteng untuk Dapil V (Kapuas dan Pulang Pisau) dianggap tidak sesuai yang diinginkan, pengurus DPC PPP Kapuas dan DPC PPP Pulpis mengajukan protes.

Surat penolakan munculnya nama Awaludinnoor jadi caleg nomor 1 PPP DPRD Kalteng Dapil V sebagaimana pengumuman daftar caleg yang dikeluarkan KPU Kalteng itu, telah disampaikan ke Ketua KPUD Kalteng dan Ketua DPW PPP Kalteng, beberapa hari lalu.

Ketua DPC PPP Kapuas Asrani membeberkan alasan kenapa mereka menolak Awaludinnoor. Menurut dia, semua PAC PPP se-Kabupaten Kapuas telah sepakat, lalu DPC menyampaikan rekomendasi ke DPW bahwa caleg nomor 1 yang dikehendaki sesuai kriteria adalah H Abdul Hadi, bukan Awaludinnoor.

Rekomendasi serupa juga sudah disampaikan DPC PPP Pulang Pisau ke DPW PPP Provinsi. Warga pendukung PPP di dua kabupaten tersebut menginginkan Abdul Hadi yang tak lain Wakil Ketua DPW PPP Kalteng di tempatkan nomor urut 1.

Namun, surat rekomendasi dari dua DPC itu ternyata tidak digubris oleh DPW PPP. Begitu daftar caleg diumumkan KPU di media massa, yang tertera justeru Awaludinnoor di nomor 1, sedangkan Abdul Hadi di nomor urut 2.

Dikonfirmasi permasalahan ini, Ketua DPW PPP Kalteng Hj Norhasanah yang dihubungi lewat telepon kemarin enggan memberikan tanggapan. ”Saya tidak bersedia berkomentar berkaitan masalah ini,” kata Norhasanah singkat.

Sementara itu, anggota KPU Kalteng Awongganda WL membenarkan bahwa KPU ada menerima surat protes dari DPC PPP Kapuas dan Pulang Pisau. Akan tetapi, jawab Awongganda, pihaknya tidak bisa menanggapi maupun merubah daftar caleg yang sudah diumumkan, karena hal ini sepenuhnya adalah masalah intern yang terjadi di tubuh PPP.

Tepisah, anggota Majelis Pertimbangan Wilayah PPP Kalteng HM San Marwan menyarankan agar DPW PPP segera menanggapi dengan arif dan cepat, guna menghindari gejolak politik yang akan melanda tubuh PPP.

Menurut San Marwan, dukungan politik yang disampaikan oleh DPC, PAC dan organisasi sayap PPP terhadap keberadaan Abdul Hadi sebagai caleg DPRD PPP Dapil Kaltng V nomor urut 1 harus dipertimbangan oleh DPW PPP.

”Ini demi menjaga citra dan nama besar PPP. Mengingat kiprah politik dan pengabdian Saudara Abdul Hadi selama ini, baik sebagai anggota partai PPP maupun kiprahnya sebagai anggota DPRD Provinsi Kalteng sudah teruji dengan baik,” imbuh San Marwan yang juga anggota Komisi A DPRD Kalteng. (***)

Tidak ada komentar: