24 Okt 2009

Fraksi Besar Kapling Ketua Komisi

Laporan: Alfrid Uga

PALANGKA RAYA-
Pasca penetapan pimpinan DPRD Kalimantan Tengah. Fraksi-fraksi di dewan, seperti Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi PPP, Fraksi Gerindra dan Fraksi Bintang Kebangkitan Nurani (FKBN) mulai kasak-kusuk mengincancar pimpinan komisi.
Kencang berhembus bahwa tiga fraksi, yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar dan Fraksi Demokrat mulai melakukan lobi-lobi politik untuk merebut seluruh pimpinan komisi. Fraksi PDI Perjuangan sebagai peraih kursi terbanyak disebut-sebut telah mengkapling dua komisi, yaitu Ketua Komisi A dan Komisi B.
Sedangkan dua lainnya, seperti Komisi C dan D diincar Fraksi Golkar dan Fraksi Demokrat. Akibatnya peluang fraksi lainnya seperti Fraksi PAN, Fraksi PPP, Fraksi Gerindra dan Fraksi KBN tertutup.
Kabar koalisinya tiga fraksi besar yang dibangun Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar dan Fraksi Demokrat untuk merebut empat pimpinan komisi agaknya sudah diketahui fraksi lainnya.
”Saya memang sudah mendengar kabar bahwa ada lobi-lobi dari ketiga partai dominan, PDI Perjuangan, Golkar dan Demokrat untuk menetapkan anggotanya menjadi pimpinan komisi,” ungkap anggota Fraksi PAN, Syafrudin H. Husin ketika di bincangi Radar Sampit di ruang fraksinya, Rabu (21/10).
Mantan anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur ini berharap, pimpinan-pimpinan komisi jangan sampai hanya didominasi oleh ketiga partai peraih kursi terbanyak didewan. Oleh karena itu, pimpimpinan fraksi yang dominan harus melibatkan fraksi lainnya dalam lobi, jika ingin komisi berjalan dengan baik.
”Kalau ingin komisi bisa berjalan dengan baik. Jangan sampai ada yang merasa ditinggalkan, juga pro sana-pro sini. Komisi yang baik harus dilandaskan pada kebersamaan, oleh karena itu menempatkan pimpinan komisi jangan hanya karena merasa mendominasi kursi, tetapi dipilih atas rasa kebersamaan,” ungkapnya.
Sejumlah nama yang disebut bakal menduduki ketua komisi, Komisi A diplotkan nama Y.Freddy Ering dari PDI Perjuangan dan H Muneman Syamsu dari Partia Golkar, Komisi B diplotkan nama Artaban dari PDI Perjuangan dan Punding LH Bangkan dari Golkar.
Sedangkan di Komisi C diplotkan nama RYM Soebandi dari Partai Demokrat dan H Guntur dari Golkar. Di Komisi D diplotkan nama Borak Milton dan Srie Alfianti Gandung dari Partai Demokrat. (Radar Sampit)

Tidak ada komentar: